Resensi Buku Laris Manis Bisnis Wisata Halal: Jalan-jalan Bisa Dapat Uang!

Ada nggak sih yang lebih seru daripada melakukan hobi dan hal-hal yang kita sukai? Ada, ternyata. Yaitu melakukan hobi yang dibayar.

Penulis novel, musisi, atlet, dsb adalah beberapa contoh profesi yang menjadikan hobi sebagai keahliannya. Dibayar pula! Seru? Sudah tentu!

Lantas, apakah kita juga bisa seperti mereka? Jawabannya, YA. BISA. TENTU SAJA. YES!

Buku "Laris Manis Bisnis Wisata Halal" karya Cheriatna
Misalnya saja bagi yang hobi jalan-jalan (seperti saya), ternyata ada peluang untuk menjadikan hobi traveling ini menjadi sebuah profesi yang cukup menjanjikan. Maksudnya, kalau biasanya kita mesti ngeluarin budget berjuta-juta untuk bisa jalan-jalan ke Raja Ampat, misalnya, justru ternyata banyak kesempatan untuk kita bisa kesana secara gratis tis tis tis. Malah, dapat penghasilan lagi.

Saya sendiri baru ngeh dengan hal ini ketika membaca buku bisnis "Laris Manis Bisnis Wisata Halal" yang ditulis oleh Pak Cheriatna, seorang praktisi bisnis wisata halal sekaligus pemilik Cheria Holiday. Usai membaca buku ini saya langsung berpikir: "Benar juga ya... hobi traveling ini bisa banget menghasilkan uang, asalkan kita tahu triknya."

Pada awalnya, ketika melihat ada kata "bisnis" tercantum pada cover-nya, saya pikir buku bisnis ini akan sangat serius dan kaku. "Wah, malas banget lah ngebahas bisnis. Ngantuk!", dalam hati. Tapi begitu saya baca beberapa halaman, kok isinya begini sih. Maksudnya, buku setebal 84 halaman ini ternyata memuat tulisan-tulisan yang sangat ringan dan sederhana, namun padat akan informasi.

Buku "Laris Manis Bisnis Wisata Halal" ini dikemas dengan sangat simpel. Boleh dibilang, buku ini sedikit-banyak mirip seperti kumpulan artikel tips dan trik. Sehingga bagi saya pribadi, membaca tulisan-tulisan Pak Cheriatna ini justru tidak terasa seperti sedang membaca buku bisnis, tapi malah seperti sedang berguru langsung, berkomunikasi langsung dengan pemilik Cheria ini. Seakan diajari langsung bagaimana cara mengubah hobi menjadi uang.

Nggak heran, dalam waktu satu jam saja, buku ini pun langsung saya lahap tuntas. Teman-teman juga bisa membaca buku ini secara gratis dalam bentuk e-book. Tinggal download di link ini: link download e-book.

Tips Dan Trik Mengubah Hobi Jadi Uang Ala Cheriatna

"Investasi tulisan sangat menguntungkan, lebih dari investasi emas". - Laris Manis Bisnis Wisata Halal hal. 33

Apabila saya membaca kutipan di atas beberapa bulan yang lalu, mungkin saya tidak akan paham atau bahkan tidak akan percaya. Kenapa? Karena saya belum merasakan sendiri manfaatnya, hingga datanglah saat ini.

Saya ingin cerita sedikit. Boleh dibilang, saya terhitung sangatlah baru di dunia blogging. Jumlah tulisan saya di blog-pun bisa dihitung dengan jari karena memang masih sangat sedikit. Tetapi ketika beberapa waktu yang lalu saya memutuskan untuk kembali menulis di blog (kebetulan sejak dulu saya memang suka menulis), saya ingin komitmen dengan niat itu.

Dibantu oleh dorongan teman-teman, saya pun mulai menulis lagi. Pelan tapi pasti. Sedikit tapi rutin. Yang penting konsisten. Begitu prinsip menulis yang saya jalani sekarang. Dan menulis saya jadikan resolusi di tahun 2017 ini.

Tidak disangka, komitmen saya pun membuahkan hasil. Tulisan saya mendapatkan apresiasi. Saya cukup terkejut ketika salah satu tulisan saya mendapat juara 1 di sebuah kompetisi menulis. Tidak selesai sampai di situ, belakangan beberapa media traveling menawari saya bergabung sebagai kontributor (dan dibayar!). Saya tidak bisa berkata apa-apa selain bersyukur atas apresiasi ini.

Saya rasa, menulis atau hobi apapun itu, akan menjadi berkah selama kita memiliki gairah dan komitmen dalam menekuninya. Dan buku karangan Pak Cheriatna ini sekata dengan apa yang saya yakini.

Meski sebetulnya secara garis besar buku ini memaparkan trik-trik jitu untuk bisa sukses menggeluti dunia bisnis wisata halal, tapi setidaknya saya dapat mencermati beberapa hal yang bisa diaplikasikan oleh siapa saja. Terutama bagi mereka yang ingin menjadikan hobi menjadi profesi.

1. Memelihara Mimpi

Saya sangat yakin, apa yang kemudian membuat seorang anak petani bunga bernama Cheriatna menjadi sangat sukses seperti sekarang ini adalah salah satunya karena ia mampu dan berani memelihara mimpinya.

Berawal dari mimpi khas anak kecil yang amat sederhana, yaitu bisa naik pesawat yang seringkali ia lihat ketika masih kecil, akhirnya kini Cheriatna bukan hanya bisa naik pesawat, tetapi ia bahkan bisa menerbangkan ratusan bahkan ribuan orang untuk keliling dunia bersama biro perjalanan yang ia miliki. Sesederhana itu? Iya. Mimpi barangkali seperti bunga, mesti tekun dipelihara hingga tumbuh dan berkembang menjadi sesuatu yang sangat indah.

2. Mantapkan Niat

Yang kedua adalah niat.

Ya. Alih alih uang, modal utama yang dibutuhkan adalah niat yang mantap. Tanpa niat dan tekad yang kuat, akan sangat sulit bertahan ketika kelak usaha yang kita bangun menemukan hambatan dan rintangan, bukan? Siap-siap untuk terkejut, karena ternyata bisnis Cheria Holiday dirintis tanpa memakai uang pribadi sama sekali, baik untuk menyewa kantor, beriklan, bahkan untuk menggaji pegawainya. Lalu apa modal mereka sehingga bisa sukses seperti saat ini? Adalah azzam, alias niat yang kuat.

3. Cerdik Melihat Peluang

Segala sesuatu dimulai dengan ide.

Menulis membutuhkan ide. Membuat lagu juga membutuhkan ide. Tidak terkecuali ketika ingin memulai bisnis, tentu sangatlah dibutuhkan ide-ide yang segar dan kreatif. Saya rasa, Cheria Holiday lahir dari kecerdikan seorang Cheriatna dalam melihat peluang dan mengolahnya menjadi ide yang cemerlang.

Berangkat dari "keluhan" para pelanggannya mengenai wisata halal di Indonesia, Cheria pun segera melakukan pembenahan diri. Juga, masih minimnya info mengenai wisata halal memberikan peluang yang luar biasa bagi Cheria untuk bergerak. Masukan-masukan seperti pentingnya makanan halal dan ketenangan hati selama dalam perjalanan liburan menyulut semangat Cheria untuk berbuat sesuatu. Dari situlah kemudian Cheria tumbuh dan berkembang.

Hingga kini, kita bisa melihat usaha Cheria tidak sia-sia. Beragam produk paket wisata halal Cheria sukses laris manis dan disukai para pelanggannya.

4. Komitmen Tiada Henti

Ada yang bilang, "Berhenti berarti mati."

Mimpi, niat yang kuat, dan ide cemerlang nyatanya belum cukup. Saya melihat, ada satu faktor lagi yang tidak kalah penting agar keberhasilan dapat dicapai. Adalah semangat dan komitmen untuk terus melakukan sesuatu tanpa henti. Setidaknya itulah yang saya cermati dari kisah Cheria ini.

Setelah usahanya terbilang cukup berhasil, nyatanya Cheria tidak lekas berpuas diri. Jika kita cermat membaca buku "Laris Manis Bisnis Wisata Halal", kita akan segera tahu bahwa Cheria tidak pernah berhenti bergerak dan terus melakukan inovasi. Di dalam buku ini kita akan menemukan tips dan trik mudah bagaimana cara melakukan digital marketing, yang merupakan salah satu inovasi yang dilakukan Cheria untuk memantapkan bisnisnya. Kita juga akan mengetahui bagaimana Cheria bisa terus bergerak maju dan melakukan berbagai terobosan baru untuk memantapkan bisnisnya.

Demikianlah. Pada akhirnya, memang begitu semestinya hidup, bukan? Terus bergerak, sebab berhenti berarti mati.

Hidup Dan Berjuang

Menurut saya, tak ada salahnya sama sekali untuk menyisihkan waktu barang satu atau dua jam saja untuk membaca buku ini. Nyatanya, tak hanya membahas tentang tips-tips bisnis wisata halal, tapi lebih dari itu. Buku ini membahas bagaimana agar kita bisa terus hidup dan berjuang. Bagaimana mimpi dan kenyataan bisa selaras, bagaimana hobi dan profesi bisa saling berkaitan.

[Image source: Buku "Laris Manis Bisnis Wisata Halal"]

Selain itu, bagi yang hobi jalan-jalan, buku ini juga memuat tips cara mudah keliling dunia gratis dan ada beberapa bonus tulisan, seperti contoh itinerary atau jadwal perjalanan ke beberapa negara. Di antaranya, Turki, Korea, Hongkong, Eropa, dsb. 

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, sama-sama kita temukan inspirasi lewat buku ini. Karena inspirasi bisa datang dari mana saja, bukan?

Silakan unduh e-book "Laris Manis Bisnis Wisata Halal" karya Pak Cheriatna secara gratis di link ini: link download e-book.


Salam,

jejakjuli.com


Comments

Popular posts from this blog

Tips Transportasi Saat Di Bangkok, Pilih Taksi Biasa atau Taksi Online?

Tuhan Maha Romantis, Menciptakan Jakarta Begitu Puitis

Paket Wisata Seru Ke Jepang Bersama Cheria Tour Travel, Biro Perjalanan Pilihan Hati