7 Kriteria Apartemen Bagus: Apartemen Wismaya Residence Bekasi


Sebelum membahas lebih jauh mengenai karakteristik sebuah hunian yang baik, kita bisa menengok satu kutipan dari seorang penyair Jerman, Christian Morgenstern:

"Home is not where you live but where they understand you."

Definisi 'rumah' bagi tiap-tiap orang seringkali berbeda-beda. Tetapi kita boleh sama-sama setuju, 'rumah' adalah tempat di mana kita merasa ingin (selalu) kembali pulang. Ngangeni, begitu kira-kira.

Rumah juga tidak selalu dapat diidentikkan dengan tempat di mana kita tinggal. Sudah banyak cerita tentang orang-orang yang merasa tidak aman dan nyaman berada di tempat tinggalnya sendiri, bahkan yang telah dihuni selama bertahun-tahun. Kondisi semacam ini, bukannya membuat si penghuni merasa betah tetapi justru malah membuat depresi. Benar begitu?

Lantas, gimana supaya tempat yang kita tinggali dapat sekaligus menjadi 'rumah', tempat yang membuat betah sekaligus membuat selalu ingin kembali ketika ditinggalkan.

Rumah dan segala aspek yang ada padanya (termasuk lingkungan sekitar), seperti yang dikatakan oleh Morgenstern di atas, mestinya dapat memahami apa yang kita butuhkan dan inginkan. Tidak hanya kebutuhan jasmani, melainkan juga kebutuhan rohani. Singkatnya, rumah yang baik adalah rumah yang dapat memahami penghuninya.

Oleh sebab itu, rasanya sudah jadi semacam keharusan bagi kita untuk cerdas dalam memilih hunian. Sebab, hunian yang baik setidak-tidaknya juga akan berpengaruh pada kualitas hidup kita, bukan?

7 KRITERIA HUNIAN YANG BAIK

Wismaya Residence

Ketika berkunjung ke Wismaya Residence beberapa hari yang lalu, saya sedikit-sedikit mulai mencari informasi mengenai kriteria sebuah hunian yang bagus. Saya cukup penasaran, gimana sih ciri-ciri tempat tinggal yang dapat membuat kita betah? Itung-itung untuk bekal ketika kelak saya memiliki keluarga kecil ya kan. Setidaknya dengan begitu kelak saya jadi paham gimana cara memilih tempat tinggal yang baik dan berkualitas. Selain itu, kita juga tahu bahwa hunian yang baik pun bisa menjadi sebuah investasi yang cukup menjanjikan. Apalagi mengingat sekarang nilai properti sedang bagus-bagusnya.


Wismaya Residence adalah sebuah kompleks apartemen di Bekasi yang menerapkan konsep "The Priceless Home For Living". Jujur, saya adalah tipe orang yang cukup skeptis dengan jenis hunian berlabel 'apartemen'. Saya pernah mengontrak sebuah rumah di kompleks berjenis cluster, namun kemudian saya merasa sangat tidak nyaman karena faktor lingkungan yang tidak kondusif. Apalagi apartemen? Pikir saya.

Tapi, tak mau mikir macam-macam, saya pun mulai melihat-lihat langsung show room Wismaya Residence, sembari membaca brosur dan mendengarkan penjelasan dari seorang pemandu. Saya rasa, ini pengalaman yang sangat menarik. Saya jadi bisa belajar banyak mengenai konsep sebuah hunian yang berkualitas. Dari tur singkat itu, saya pun dapat menyimpulkan beberapa hal. Bahwa sebuah hunian yang dapat membuat betah dan memberikan suasana "rumah", setidanya harus punya beberapa kriteria.

1. Nyaman

Hidup yang baik bermula dari rasa nyaman. Wismaya Residence ini tampaknya menjadikan aspek kenyamanan sebagai poin utama yang diberikan kepada para penghuninya. Ini bisa dilihat dari komitmennya dalam menyuguhkan berbagai sarana dan fasilitas penunjang untuk para penghuninya. Seperti supermarket, toko obat, area jajanan, body & soul treatment, dsb telah tersedia dan terintegrasi di kompleks apartemen Wismaya Residence. Petugas kebersihan dan maintenance pun siap bertugas melayani para penghuni kapan saja dibutuhkan.

2. Aman


Faktor kedua yang juga perlu diperhatikan saat memilih sebuah hunian adalah masalah keamanan. Siapa yang mau hidup di tengah-tengah rasa takut?

Dengan konsep Private Access, Wismaya Residence ingin menjamin kehidupan privasi para penghuninya tidak terganggu oleh aktivitas umum. Pihak security Wismaya Residence yang bertugas 24 jam penuh pun akan membuat para penghuni merasa aman dan tidak perlu takut lagi.

3. Strategis


Buat saya, yang tak kalah penting adalah lokasi hunian itu sendiri. Apakah dekat dengan fasilitas umum, seperti rumah sakit? Mal? Sekolah, dll? Kalau lokasinya tidak strategis, rasanya repot juga ya.

Sudah 20 tahun lebih saya tinggal di Bekasi sehingga tahu betul mana-mana tempat yang strategis dan mana yang tidak. Ketika melihat denah lokasi Wismaya Residence, saya langsung tahu kalau apartemen ini memang dekat kemana-mana. Istilahnya adalah Kawasan Strategis Kota. Mau ke Mal, gampang dan cepat karena memang dekat. Ke rumah Sakit? Paling hanya beberapa menit. Begitu juga kalau mau masuk tol, tidak perlu waktu lama. 

4. Bangunan Berkualitas


Faktor selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah masalah bangunan yang akan kita huni. Bagaimana konsep interiornya? Bagaimana eksteriornya? Kokoh tidak bangunannya? Nah, masalah teknis bangunan ini nih bagian yang saya suka, berhubung saya juga bekerja di bidang teknik. Hehe.

Dari brosur yang saya baca, Wismaya Residence menggunakan dinding beton dan teknologi laminated safety glass alias kombinasi panel aluminium dengan kaca. Artinya, tingkat perlindungan terhadap getaran, benturan, dan suara sangat tinggi. Dengan begitu, penghuni tidak akan terganggu oleh polusi suara dari lingkungan sekitar sehingga bisa beristirahat dengan nyenyak.

Tidak hanya itu, dari sisi interior pun Wismaya Residence tak main-main. Semuanya kategori kualitas tinggi. Penasaran dengan konsep interiornya yang keren? Silakan baca di sini: langgengland.co.id.

5. Ramah Anak


Rasanya, hunian yang baik juga harus memperhatikan kebutuhan hidup para anak-anak. Masa kanak-kanak yang dilalui dengan baik tentu akan berpengaruh pada masa depan yang cemerlang. Nah, konsep edutainment park di Wismaya Residence ini bisa jadi satu contoh untuk yang lainnya. Toh ternyata, apartement juga bisa menyediakan lingkungan yang ramah anak.

6. Menyehatkan


Pertama kali melihat rancangan kolam renang di kompleks Wismaya Residence ini jadi bikin pengen nyebur. Hehe. Kolam renangnya bagus banget soalnya. Memang, fasilitas olahraga di Wismaya Residence bagus-bagus betul. Hidup juga perlu sehat biar tetap kuat!

7. Keseimbangan Hidup


Terakhir, kita juga tentunya perlu hiburan su seimbang. Makanya, kompleks hunian yang baik rasanya perlu menyediakan fasilitas-fasilitas hiburan untuk para penghuninya. Di Wismaya Residence sendiri saya lihat ada beberapa pilihan fasilitas hiburan yang disediakan. Ada Zona Iptek, Zona Budaya, Zona Open Theater... Wah. Kalau beneran akan ada sarana-sarana seperti itu, seru juga ya. Jadi penasaran.

Nah, gimana? Dari 7 kriteria hunian yang baik di atas, kira-kira tempat tinggal kamu sekarang sudah memenuhi kriteria belum? Kalau saya sih belum. Hehe. Tetapi, semoga kedepan kita bisa punya hunian yang baik dan berkualitas seperti itu ya!

Salam,

jejakjuki.com

_______


Referensi materi dan foto:

Wismaya Residence (langgengland.co.id)

Comments

Popular posts from this blog

Tips Transportasi Saat Di Bangkok, Pilih Taksi Biasa atau Taksi Online?

Tuhan Maha Romantis, Menciptakan Jakarta Begitu Puitis

Paket Wisata Seru Ke Jepang Bersama Cheria Tour Travel, Biro Perjalanan Pilihan Hati