Langit Musik: 7 Lagu Enak Untuk Menemani Traveling

Lagu Enak Didengar Untuk Menemani Traveling
7 Lagu Enak Didengar Untuk Menemani Traveling
"Penting nggak ya bikin playlist lagu khusus buat traveling?"

7 Lagu Enak Untuk Menemani Traveling - Kemarin, saya iseng lempar pertanyaan itu ke teman-teman yang sering jalan-jalan, atau sebut saja mereka traveler. Rata-rata, mereka bilang kalau menyiapkan lagu-lagu yang enak didengar khusus buat jalan-jalan termasuk salah satu hal yang penting.

Kenapa?

Contohnya nih pas lagi di pesawat. Suka bingung nggak sih mau ngapain sambil nunggu pesawat sampai landing? Apalagi kalau jarak yang harus ditempuh bisa memakan waktu hingga 2 s.d 5 jam! Sudah tentu selain badan pegal-pegal, plus bonus mati gaya. Mau ngemil, udah kenyang. Mau baca buku atau majalah in flight, kadang suka pusing. Pilihannya kalau nggak nonton film, ya dengar musik. Ya, nggak?


[Image Source: Wordswag]
Kasusnya nggak beda jauh sih ketika kita melakukan perjalanan darat, misalnya naik kereta. Terutama buat teman-teman yang punya hobi solo traveling nih. Bagi tipe pejalan yang mengutamakan ketenangan, biasanya lebih memilih tancap earphone ke kuping lalu memutar musik favoritnya, daripada harus mendengar tetangga sebelah tempat duduk berisik kayak ayam lagi kawin.

Si pejalan tipe melankolis juga biasanya suka membangun mood lewat musik selama di perjalanan. Contoh di kereta tadi, si melow ini kemungkinan bakal muter lagu "City Of Stars" soundtrack La La Land sambil memandang langit malam penuh bintang di luar jendela kereta api. Sedaaap!

Atau yang suka jalan rame-rame bareng sahabat, biasanya akan memutar lagu-lagu ceria di dalam mobil ketika melakukan trip. Pasti seru, bisa nyanyi bareng-bareng sahabat meski nada suara kesana-kemari nggak ada tujuan. Hahaha. Lagu-lagunya Maliq & D'essentials bolehlah dimasukkan ke Playlist "Traveling Bareng Sahabat".

Intinya sih, it's never a bad idea to enjoy some music while traveling, right?

7 Lagu Enak Untuk Traveling

The Playlist: 7 Lagu Enak Untuk Traveling
Kamu juga punya playlist buat jalan-jalan nggak? 

Bikin playlist lagu buat acara jalan-jalan bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena untuk cari lagu di zaman internet kayak gini semudah ngupil. Iya. Tinggal klak-klik aja di Google langsung dapet. Tapi di sisi lain jadi susah juga karena bingung mau download lagu apa, saking gampang dan banyaknya pilihan. Kadang-kadang, meskipun sudah menemukan lagu yang dicari eh kualitasnya nggak cakep karena bajakan. Makanya say no to bajakan lah ya.

Tapi buat yang malas browsing lagu di Google, toh sekarang sudah tersedia banyak aplikasi musik yang bikin segalanya makin mudah kok. Resmi lagi, bukan bajakan. Beberapa yang pernah saya pakai: MixRadio (Windows Phone), Joox, dan Spotify. Tapi belakangan saya coba beralih ke aplikasi Langit Musik sesuai rekomendasi temen. Dan ternyata lumayan cocok sih.

[Playlist "Night Train" on LangitMusik]
Terus, lagu apa nih yang enak buat traveling?

Nah, untuk yang satu ini tiap-tiap orang pasti punya selera yang berbeda-beda. Kalau tips dari saya sih pilihlah lagu-lagu yang paling kamu suka atau sesuai dengan karakter kamu. Atau bisa juga menyesuaikan playlist dengan destinasi yang akan dituju. Misalnya mau ke pantai, kamu bisa dengerin instrumen-instrumennya "Ehrling" yang bisa bikin pikiran fresh. Atau kalau pengen jalan-jalan random di seputaran kota aja, "The Maccabees" boleh jadi pilihan.

Nih, saya sendiri coba bikin playlist berisi 7 lagu enak buat traveling versi saya. Lagu-lagu ini juga tersedia di Langit Musik, jadi nggak perlu repot-repot lagi deh cari bajakan di Google. Oh iya, tentunya playlist ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai mood saya, kebutuhan, dan juga tren. Nah, kira-kira ada lagu pilihan kamu juga nggak?


1. Coldplay - Hymn For The Weekend

Wah, ini mah memang sudah jadi himne wajib buat mereka para weekenders. Iya nggak, sih?

2. Another Day Of Sun - OST La La Land

Ah! Kenapa soundtrack film La La Land ini enak-enak semua ya? Dan "Another Day Of Sun" ini bisa bikin mood mendadak ceria sih. Serius.

3. The Maccabees - First Love

Kayaknya, The Maccabees ini punya nuansa musik yang aneh, but in positive ways. Lagu-lagunya yang random tampaknya cocok buat jalan-jalan macam city explore atau urban trekking, deh.

4. Of Monster and Men - Little Talks

Beat di lagu-lagunya Of Monster and Men (OMAM) ini loh, juara! Mesti deh kalau denger lagu-lagu mereka kaki ini jadi ingin melakukan tap dance. Haha.

5. Kodaline ft Kygo - Raging

Walau "All I Want" masih jadi lagu Kodaline yang paling saya suka, karena paling cocok didengerin pas lagi hujan (sambil mengenang tentu saja ehehe). Nah, sekarang sekali-kali dengerin lagu mereka (featuring Kygo) dengan genre yang nge-beat ternyata asyik juga.

6. Maliq & d'Essentials - Setapak Sriwedari

Siapa yang nggak dengerin Maliq? Nuansa musik Maliq yang asyik sudah pasti enak buat dinyanyiin bareng teman-teman sih.

7. Sheila On 7 - Selamat Datang

Sheila On 7! Dari zaman Duta masih kurus (sekarang juga masih sih), lagu-lagu Sheila selalu bikin eargasm. Ya kan? Easy listening dan enak! Kenapa nggak masukin lagu-lagu SO7 di playlist kamu?

Pilih Aplikasi Musik Apa?

Sebetulnya saya lumayan sering gonta-ganti aplikasi musik. Di awal tadi, saya sudah sebut beberapa aplikasi musik yang sudah pernah saya coba. Tapi setelah dicoba kok rata-rata nggak cocok ya (gayaaaa). Iya, soalnya ada yang koleksi lagunya sedikit banget. Ada juga yang cuma bisa dengar lagu dengan mode shuffle alias acak, sedangkan kalau mau putar lagu sesuka hati harus bayar. Yaaah. Bukannya pelit ya, tapi emang nggak ada duit. Lah.


Terakhir, saya pun mencoba donwload Langit Musik karena tergiur dengan tagline-nya "Unlimited Songs". Duh ya, semoga nggak ketipu iklan. Hehe.

Sekilas, buat saya pribadi tampilan Langit Musik ini agak mirip Spotify. Minimalis gitu. Iya nggak sih? Nggak ya? Okay. Tapi saya pribadi, memang lebih suka tampilan Langit Musik karena lebih simpel dan nggak ribet dibandingkan aplikasi lainnya.

Nah, dari pengalaman saya gonta-ganti aplikasi musik inilah, saya jadi paham apa sih plus-minus aplikasi Langit Musik ketimbang saingannya yang lain. Saya coba rangkum beberapa alasan kenapa Langit Musik cocok buat saya dan mungkin buat kamu juga.

1. Unlimited Songs

Ada Album La La Land Di LangitMusik
Dari sekian banyak lagu yang sudah saya coba search di Langit Musik, semuanya ada. Yups, tagline "Unlimited Songs" ini tampaknya memang benar adanya. Tidak hoax. Lagu-lagu yang termasuk di dalam playlist buat traveling versi saya tadi ada semua. Yahud! Bahkan lagu-lagu baru macam OST La La Land lengkap satu album pun ada. Ed Sheeran yang terbaru "Shape Of You" juga ada. Widih! Kayak gini nih harusnya. Koleksi lagu yang super-banyak dan update ini bagi saya adalah salah satu hal penting yang harus ada pada aplikasi musik macam Langit Musik dan teman-temannya yang lain. Biar penggunanya nggak bosen dan selalu update dengan musik-musik terbaru.

Oh iya, semua lagunya bisa didengar secara gratis juga euy. Cakep nggak?

2. Simpel & Minimalis

Tampilan LangitMusik Simpel dan Minimalis
Buat saya yang malas ribet (karena hidup sudah ribet ya kan), tampilan sebuah aplikasi menjadi hal yang penting. Simple atau minimalis, dan user-friendly adalah satu pertimbangan yang utama buat saya. Maka dari itu, saya langsung uninstall salah satu aplikasi musik gara-gara tampilannya nggak simple, terlalu banyak tab. Geuleuh pisan!

Langit Musik sendiri memiliki tampilan yang cukup sederhana. Hanya ada 2 tab utama. Yaitu, tab "For you" dan "Browse". Pada tab "For You", biasanya berisi lagu-lagu yang sering kita dengar atau Langit Musik rekomendasikan sesuai recent playlist kita. Sedangkan pada tab "Browse", kita bisa mencari lagu apapun sesuai keinginan kita. Plus, telah disediakan pula aneka playlist agar lebih mudah.

Selain itu, ada menu "Search" pada scroll-tab di sebelah kiri atas. Di situ, kamu bisa mencari lagu, penyanyi, atau band yang diinginkan dengan cukup mengetikkan namanya. Simpel kan?

3. Bisa Atur Lagu Sesuka Hati


Bisa Putar Lagu Sesuka Hati
Seperti yang tadi saya bilang di awal, beberapa aplikasi musik ada yang mengharuskan penggunanya untuk meng-upgrade ke versi premium alias berbayar hanya untuk mengganti lagu sesuaka hati. Yaelah... Alhasil, untuk layanan gratis, pengguna hanya bisa mendengarkan lagu secara acak. Sedih nggak? :(

Pada versi gratis Langit Musik, pengguna sudah bisa mengatur lagu mana yang ingin didengar sesuai keinginan masing-masing. Maksudnya, misalnya jika kita ingin mengganti ke lagu berikutnya, pengguna tidak harus menggunakan versi premium seperti beberapa aplikasi musik lain. Cukup klik "next" aja gitu. Hanya saja, memang fitur "mengatur lagu" ini terbatas hingga 10 kali dalam sejam pada versi gratis. Kalau ingin bisa "mengatur lagu" secara tak terbatas, silakan upgrade ke premium. Murah, kok.

4. Versi Premiumnya Murah

Upgrade Premium Di LangitMusik Nggak Mahal
Nyatanya, untuk mendapatkan layanan premium di Langit Musik nggak semahal seperti pada aplikasi-aplikasi lainnya. Masa?

Iya. Agar mendapatkan fitur-fiturnya yang lengkap, LangitMusik Premium 30 Hari hanya dikenakan biaya Rp. 22.000,- saja, dan untuk LangitMusik Premium 7 Hari hanya Rp. 6.600,- saja. Artinya, dengan hanya membayar segitu, kita sudah bisa download lagu sepuasnya. Jadi, semua lagu favorit bisa kita dengar secara offline tanpa perlu streaming lagi.

5. Banyak Rekomendasi Playlist

Rekomendasi Playlist di LangitMusik
Tadi saya sudah bilang belum sih, kalau lagu-lagu di Langit Musik itu banyak. Banget. Saya iseng mencari lagu-lagu Prancis, ternyata ada juga. Spanyol, ada. Jepang, Korea, dst. Rata-rata lagu-lagu asing itu juga sudah dilengkapi dengan liriknya. Sedap 'kan?

Salah satu fitur pada aplikasi Langit Musik yang juga saya suka yaitu terdapat banyak sekali playlist yang dibuat sesuai suasana atau genre tertentu. Mau set playlist yang sesuai mood? Sudah tersedia. Ada playlist buat mood "Energetic", "Falling In Love", "Chill", "Family Time", dsb. Mau dengerin playlist yang sesuai genre juga ada. Seperti, "Rock", "Let's Dance", "Stay Calm", "Global", dsb.

6. Simpan Lagu Favoritmu di My Music


Menu "My Music" Untuk Melihat Lagu Yang Disimpan
Jangan khawatir! Nggak perlu repot-repot lagi untuk mencari ulang lagu favorit kamu. Karena semua lagu yang kita suka bisa langsung kita save dan bisa diputar kapan saja dengan membuka menu My Music pada tab di kiri atas tampilan aplikasi. Di menu My Music, kita langsung bisa memutar lagu, album, dan playlist yang sudah kita simpan sebelumnya.

7. Fitur Trending Di LangitMusik
Fitur "Trending" Di LangitMusik
Ini nih yang nggak kalah seru! Kayaknya fitur semacam ini baru ada di LangitMusik ya? Fitur "Trending" ini fungsinya untuk melihat lagu apa saja sih yang sedang trending di daerah-daerah lain di seluruh Indonesia. Saya iseng coba lihat yang sedang trending di Papua Barat, dan wow, rupanya lagu "Starving"-nya Hailee Steinfeld lagi tren nih di sana. Download ah...

Gimana? Boleh dibilang, Langit Musik ini paket lengkap ya. Kira-kira cocok nggak buat kamu?

Terus, minus-nya di mana?

Sejauh ini, sebetulnya saya belum menemukan kekurangan Langit Musik yang terlalu signifikan sih. Putar lagu di kantor, pakai Langit Musik. Pulang kantor, pakai Langit Musik. Pas Traveling, pakai Langit Musik juga.

Ada sih, satu hal yang saya harap bisa di-improve pada aplikasi Langit Musik. Jadi kalau di aplikasi lain, seingat saya ada tombol shortcut (widget) untuk play-pause musik yang lagi didengar pada tampilan depan smartphone. Jadi, untuk play, pause, atau next lagu, kita nggak perlu ribet-ribet masuk ke aplikasinya dulu. Ya, mudah-mudahan widget ini bisa segera ada pada update Langit Musik berikutnya, ya. Biar makin simpel dan user-friendly aja.

Hmm... Kalau fitur-fitur lainnya, sudah cocok sih buat saya.

Nah! Demikian ulasan saya tentang Lagu-lagu enak untuk menemani traveling dan aplikasi musik apa yang paling cocok buat saya. Kalau kamu juga tertarik dengan aplikasi Langit Musik, silakan download aplikasinya di Playstore (klik di sini).

Kalau kamu, pakai aplikasi musik apa nih?

Sekilas Tentang New LangitMusik Apps: Musiknya Hidup Kamu

Sumber: Laman download Playstore

Di Langit Musik, kamu bisa streaming jutaan lagu dan juga bisa download lagu untuk diputar dalam mode offline. Banyak rekomendasi playlist pilihan dari "Music Director" yang bisa dinikmati dan tentunya kamu bisa membuat playlist sesuai dengan suasana hati.

Langit Musik kini hadir dengan berbagai macam fitur baru untuk memaksimalkan keseruan dan kepuasanmu mendengarkan musik.

Fitur Gratis melalui Ponsel dan Tablet Android :
- Streaming jutaan koleksi lagu dalam satu aplikasi, 
- Rekomendasi album atau playlist pilihan
- Bebas Kuota data untuk pelanggan Telkomsel dan dalam jaringan Telkomsel


Temukan berbagai informasi menarik dari Langit Musik di :
- Website : LangitMusik.co.id
- Email : CS.LangitMusik@melon.co.id
- Twitter : @LangitMusik616
- Fanpage : LangitMusik616


Salam,

jejakjuli.com

..........

Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerjasama Langit Musik dan Warung Blogger

Comments

  1. Saya pun, Kak. Karena termasuk jenis alien yang gak bisa lepas dari musik ya, jadi memang selalu ada playlist kalo lagi ngapa2in.

    Di atas soal playlist traveling, saya aja kalo cuci piring ada playlist khusus, biar semangat aja nyucinya.

    kalo pas traveling, kerna saya alien yang suka naek kereta luar kota daripada pesawat (selama itu masih bisa dijangkau pake kereta), jadi suasan kereta kan memang melo2 gimana git kan ya, jadi dengerinnya lebih kek The Carpenters, dan musik2 old school lainnya.

    Mungkin lain kali bisa juga nih ya saya cobain app Langit Musik-nya.... Uwuwuwuwuwuwuwu

    ReplyDelete
  2. Coldplay!! Ternyata sama juga ya. Meski cuma satu yang sama. Selain itu dengerin musik saat perjalanan tuh bisa bikin nambah kenangan selama perjalanan semakin dramatis #ehem. Kadang sambil liat ke luar jendela kereta, sambil denger musik, serasa lagi bikin video clip yak.

    ReplyDelete
  3. Lagu yang rame kayaknya seru kalau dibuat berlibur bareng, buat bernyanyi bersama ...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Transportasi Saat Di Bangkok, Pilih Taksi Biasa atau Taksi Online?

Tuhan Maha Romantis, Menciptakan Jakarta Begitu Puitis

Paket Wisata Seru Ke Jepang Bersama Cheria Tour Travel, Biro Perjalanan Pilihan Hati