Sate Maranggi, Selezat Apa Sih?

"Lezatnya sate maranggi memang bikin kangen. Empuknya daging sapi dicocol dengan sambal super pedas dicampur irisan tomat segar, wuih bikin ngiler..."
***

Sebetulnya saya sudah beberapa kali berkunjung ke kedai Sate Maranggi Cibungur yang lokasinya berada di Purwakarta itu. Tetapi, baru kali ini saya sempat untuk mengulasnya di blog. Hitung-hitung nambah tulisan di blog juga. Hihi.

Seingat saya dulu kedai Sate Maranggi Cibungur tempatnya belum begitu besar, tahu-tahu terakhir berkunjung seminggu yang lalu, wah kaget juga saya. Kini, kedai Sate Maranggi Cibungur sudah berubah banyak. Tempat makannya sudah sangat luas. Begitu juga dengan tempat parkirnya yang cukup lega hingga bisa menampung banyak kendaraan.

Minggu lalu saya, Taufik, Firman, dan Meta melakukan trip spontan ke Purwakarta. Niat awalnya sih mau menonton atraksi air mancur warna-warni yang terkenal itu. Air mancur Sri Baduga. (Walaupun ternyata atraksinya nggak ada huhuuuuu). Tapi, sebelum itu siangnya kami sengaja menyempatkan mampir di Sate Maranggi Cibungur untuk mengisi perut kami yang kelaparan. Sate Maranggi dipilih karena kami juga nggak tahu lagi apa sih kuliner khas Purwakarta yang lain. Saya sendiri cuma tahu Sate Maranggi, dan memang saya sangat suka dengan makanan yang satu ini. 
Sate sapi maranggi. Sambelnya.... (dokumentasi pribadi) 
Tempat makan Sate Maranggi Cibungur dibuat dengan gaya sederhana tetapi benar-benar luas sekali. Saya lihat begitu banyak manusia lapar yang sudah memenuhi barisan meja makan. Haha. Akhirnya, kami pun menemukan meja kosong di tengah-tengah ramainya para pelanggan. Setelah duduk nyaman, segera saja kami memesan menu andalan: sate sapi dan sate ayam. Empat puluh tusuk!
Di Sate Maranggi Cibungur, walaupun pelanggannya bejibun, tapi nggak perlu menunggu lama hingga pesanan datang. Kadang juga bingung, satenya dipanggang pakai api atau pakai sulap ya kok bisa cepat gitu. Haha. Begitu pesanan datang, saya, Taufik, Firman dan Meta segera menyantap satu-satu hidangan di depan kami. Dagingnya empuk, sekali gigit jos... Sambalnya uuuuh mantaaaap!
Suasana ramainya Sate Maranggi Cibungur. (Dokumentasi Pribadi)
Pada saat makan di Sate Maranggi tempo lalu, saya hanya merogoh kocek sekitar Rp. 60 ribu saja. Sudah bisa menyantap 10 tusuk sate sapi yang lezat, dua porsi nasi yang dibungkus kulit pisang, teh hangat, dan segelas besar es kelapa. Kenyang betul!

Selesai menghabiskan santapan di atas meja, saya langsung beralih ke area pemanggangan sate. Areanya terbuka atau istilah kerennya, open kitchen gitu... Di sana para 'koki' tampak khidmat memanggang ratusan tusuk sate, ikan, dll. Sambil mengamati proses pemanggangan itu, diam-diam saya hirup asap sate sampai puas. Aduhai wanginya. Hahaha...
Koki sedang memanggang dua ratus tusuk sate. (dokumentasi pribadi)
Ah... Perut sudah kenyang, saatnya kami melanjutkan perjalanan. Ohiya, buat kamu yang suka mengoleksi pernak-pernik unik dan lucu, di areal Sate Maranggi Cibungur juga terdapat kios yang menjual suvenir untuk dibawa pulang. Ada boneka, pajangan kayu, dan banyak lagi.
Toko pernak-pernik Sate Maranggi Cibungur, Purwakarta. (dokumentasi pribadi)
Jadi, kalau kamu ada kesempatan jalan-jalan ke Purwakarta, nggak ada salahnya untuk mampir di Sate Maranggi Cibungur. Dijamin lezat dan nikmat. Perut pun kenyang...

Salam,

Juli 

Comments

  1. Air mancur warna-warni? Wah ini kudu banget nih disamperin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata kata warga sekitar, atraksi air mancur a la Singapura itu cuma ada pas hari-hari besar dong. :(

      Delete
  2. Belum pernah nih tandang ke sate maranggi Purwakarta yang memang terkenal banget itu. Baca ini malah jadi tambah ngiler, hwee... ikutan dong Mas kalau ada agenda jalan ke sana lagi, saya jamin saya makan banyak haha. Sapi dan ayam, tidak terlalu mengkhawatirkan dibandingkan sate kambing yak bagi kesehatan, haha. Eh tapi tidak boleh kebablasan juga sih, hehe.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Transportasi Saat Di Bangkok, Pilih Taksi Biasa atau Taksi Online?

Tuhan Maha Romantis, Menciptakan Jakarta Begitu Puitis

Paket Wisata Seru Ke Jepang Bersama Cheria Tour Travel, Biro Perjalanan Pilihan Hati