Mau Menjelajah Thailand? Siap-siap Hadapi Resiko Bahaya Ini Dengan Trik Mudah 1-2-3!

Bekerja sebagai staf di bagian Risk Management/ Manajemen Resiko, membuat saya paham bahwa bahaya bisa datang dari mana saja. Nggak peduli tempat ataupun waktu. Baik pada saat kamu di rumah, maupun pada saat naik Halilintar di Dufan, bahaya akan selalu mengintai. Kalau di film "Final Destination", bahaya bahkan bisa datang pas lagi asyik mandi, terus kepleset. Hiiii!

Yi Peng Festival, Bangkok. (Vimeo.com)
Eh, tapi jangan khawatir. Dengan mengetahui adanya resiko bahaya, bukan berarti kita harus ketakutan terus malah kabur. No! Nanti kamu malah jadi takut ngapa-ngapain dan nggak kemana-mana lagi. Nggak banget kan!
Justru dengan mengetahui resiko-resiko bahaya yang mungkin bakal muncul, kita akan lebih waspada dan dapat mempersiapkan hal-hal apa saja yang kiranya diperlukan. Bahaya ada untuk dikelola, bukan malah dijadikan momok menakutkan kan? Nah, ada 4 metode utama dalam pengelolaan bahaya (hazzard control):
  • Elimination (substitution)
  • Engineering controls (modification)
  • Administrative controls
  • Personal protective equipments
Bingung nggak? Pada intinya sih gini, bahaya bisa dikelola dengan cara mengeliminasi/ mensubstitusi sumber bahaya, memodifikasinya, mengontrol sistem administrasinya (misal: memberi petunjuk bahaya), atau dengan menggunakan alat proteksi diri.

Duh kok malah kuliah ya, Jul...

Baiklah.... Mending saya cerita sedikit perjalanan saya ke Bangkok beberapa waktu lalu ya~

Jadi tiga bulan yang lalu, saya berkesempatan untuk jalan-jalan ke Thailand, lebih tepatnya ke kota Bangkok. Nah, sebelum berangkat, jauh-jauh hari saya sudah mempersiapkan segala yang diperlukan supaya kemungkinan resiko bahaya yang ada bisa ditekan. Nanti bakal saya kasih tahu deh, apa sih trik yang bisa dilakukan untuk menghadapi resiko sebelum berangkat ke Bangkok. Tapi sabar ya. Sebelumnya, saya mau cerita sedikit nih kenapa sih Bangkok layak jadi destinasi liburan kamu berikutnya.

1. Tiket pesawat dan penginapan murah


Yuk kita terbang! (dokumentasi pribadi)

Tahu nggak kalau Bangkok ternyata menjadi kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan pada tahun 2016? Nih, menurut studi tahunan terbaru dari Mastercard Global Destinations Cities Index (GDCI), Bangkok menduduki peringkat pertama dengan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 21,47 juta. Sementara di urutan kedua ada London dengan kunjungan sebanyak 19,88 juta. Wow!

Tetapi, dengan tingkat populartias yang terhitung tinggi itu, ternyata biaya tiket dan penginapan di Bangkok justru terbilang murah loh. Cukup dengan budget 1,5 juta saja, kamu sudah bisa dapat tiket pesawat pulang-pergi plus penginapan yang nyaman. Budget buat jajan di sana? Jangan khawatir, harga makanan di sana nggak jauh beda kok dengan di Jakarta.

2. Festival-festival unik


Festival Songkran. (www.pinterest.com)
Thailand adalah negara yang memiliki sejuta festival unik. Kalau kamu berkunjung ke daerah Chiang Mai pada pertengahan November, jangan lewatkan festival lampion terbang atau lebih dikenal dengan Yi Peng Festival. Festivalnya bagus banget! Akan banyak lampion dengan desain warna-warni yang diterbangkan ke langit. Festival ini merepresentasikan budaya umat Budhha yang kurang lebih memiliki makna "meninggalkan kegelapan menuju masa depan yang lebih cerah".

Nah, kalau kebetulan main ke Thailand pada pertengahan bulan April, festival yang satu ini jangan sampai terlewat. Yaitu Festival Songkran alias pesta main air! Festival Songkran digelar setiap tahun untuk menyambut Tahun Baru Tradisional Thailand. Di sepanjang jalan orang-orang akan saling menyemprotkan air satu sama lain. Bukan. Mereka bukan sedang berkelahi. Tapi pesta air ini memang dilakukan sebagai simbol keberuntungan dan untuk menghilangkan nasib buruk. Bakal ramai banget deh!

3. Wisata sejarah dan budaya


Menjelajah Sejarah di Ancient City Muang Boran. (dokumentasi pribadi)

Buat yang suka menjelajahi budaya seperti saya, Thailand adalah pilihan destinasi yang sangat tepat. Banyak banget tempat-tempat dengan arsitektur yang indah dan keren. Di balik bangunan-bangunan itu tentu juga terkandung banyak sekali nilai budaya dan histori yang bisa kita pelajari. Di Bangkok, tempat-tempat seperti kompleks kuil Buddha sangat mudah ditemui. Yang paling terkenal adalah Wat Pho, di mana patung Buddha tidur yang fenomenal itu berada. Selain itu, pada saat di Bangkok kemarin, saya sempatkan ke Ancient City Muang Boran. Yaitu semacam taman mini versi Thailand. Tempat ini menyimpan banyak sekali bangunan-banguna peninggalan sejarah Thailand di masa silam. Seru deh!

4. Kuliner gila!

Pedagang sedang memasak Pad Thai, kuliner khas Thailand. (dokumentasi pribadi)
Ada yang bilang, belum ke Thailand namanya kalau belum nyobain kuliner ekstrim ala Thailand. Ada yang tahu makanan apa yang dimaksud? Yups! Ada sate kecoa, kalajengking, dan masih banyak lagi makanan-makanan aneh yang bakal bikin garuk-garuk kepala. Sengaja saya nggak tunjukkan fotonya di sini, khawatir ada yang nggak suka (kayak saya hahaha). Kuliner ekstrem Thailand tersebut bisa kamu temukan salah satunya di Khaosan Road, yaitu tempat para traveller dan backpacker berkumpul.

Masih kurang? Hmmm, sebenarnya sih masih banyak banget keunikan Thailand yang nggak kalah seru untuk dijelajahi. Tapi, ssstt.... biar nanti kamu saja ya yang menikmatinya sendiri. Hehe!

Resiko Travelling dan Cara Menghadapinya Dengan Trik 1-2-3

Saat pergi travelling kemanapun, tentu saja selalu ada resiko yang harus dihadapi. Termasuk pada saat kemarin saya berkunjung ke Bangkok. Resiko kecelakaan (amit-amit, ya!) dan jatuh sakit tentu saja ada. Apalagi, cuaca di Bangkok yang menurut saya lebih panas daripada di Jakarta sangat beresiko bikin kita ngedrop. Huhu. Belum lagi makanan-makanan Thailand yang 'rada aneh' belum tentu cocok di perut kita kan. Tapi, tentu saja jangan sampai kita sakit di negeri orang lah ya. Jangan sampai deh. Sekali lagi, amit-amit. Hiiii. Makanya, menjaga kondisi badan tetap fit sebelum berangkat jalan-jalan adalah salah satu hal yang utama. Jangan lupa juga siapkan obat-obatan pribadi di tas kamu saat travelling.

Ternyata bisa bikin asuransi perjalanan online di Travellin
Tapi, ya... yang namanya sakit kan nggak bisa diprediksi ya. Kadang-kadang, kita sudah jaga kondisi badan semaksimal mungkin, tapi akhirnya badan drop juga. Huhu. Untung sih kalau badan kita bisa langsung sehat lagi setelah minum obat. Nah, kalau harus dirawat di rumah sakit? Ya ampun... :(((

Seperti yang saya bilang di atas, salah satu cara mengelola resiko adalah dengan menggunakan alat proteksi diri. Dalam kasus sakit ini, obat dan vitamin adalah alat proteksi yang bisa kamu gunakan untuk menghindari ngedrop. Tapi, kalau sudah terlanjur sakit, kamu tentu perlu berobat ke rumah sakit kan. Gimana jadinya kalau sakit di negara orang? Berapa biaya yang harus dikeluarkan?

Akhirnya karena penasaran, saya coba googling deh. Ada nggak sih asuransi perjalanan yang bisa cover biaya rumah sakit, dll?

Travellin Asuransi Perjalanan by Adira

Setelah saya googling, akhirnya saya dapat satu situs penyedia asuransi perjalanan yang mencakup benefit claim biaya medis, namanya Travellin, yang ternyata milik Adira. Saya baru tahu lho kalau Adira Insurance punya web asuransi buat travelling juga. Adira... kayak nggak asing ya namanya? Yups! Ini sama dengan Adira perusahaan finance yang terkenal ituloh.

Akhirnya saya iseng deh coba pesan travel insurance di web https://travellin.co.id/, pengen tahu manfaat apa saja sih yang bisa didapat dari asuransi perjalanan ini. Ada biaya berobat juga nggak? Rasa-rasanya saya perlu menyiapkan asuransi perjalanan deh, karena pertengahan April tahun depan saya memang punya rencana untuk jalan-jalan lagi ke Thailand untuk lihat Festival Songkran. Hehe. Tapi susah nggak sih bikin travel insurance online gini?

Step 1: Isi destinasi
Setelah saya cek web-nya, ih ternyata bikin asuransi perjalanan di Travellin simpel banget ya. Cuma ada 3 langkah saja dong ternyata. Saya jelasin ya satu-satu langkahnya...

STEP 1, kamu cukup isi kolom destinasi dan berapa jumlah orang yang mau jalan-jalan. Karena saya mau ke Thailand lagi, maka di langkah satu ini saya isi kolom From: Bekasi, To: Thailand. Saya isi untuk satu orang saja, karena mau coba solo travelling gitu. Lebih seru dan menantang. Hehe.

Step 2: Tentukan tanggal

Kemudian di STEP 2, saya pilih tanggal trip yang saya inginkan. Saya pilih 'daily' karena memang saya mau berkunjung beberapa hari saja, yaitu pada pertengahan April bertepatan dengan Festival Songkran. Kalau mau menetap agak lama, kamu bisa pilih 'yearly 90' atau 'yearly 180' pada kolom Trip Period. Simpel kan?

Step 3: Pilih paket asuransi

Beres menentukan tanggal, di STEP 3 ini kita tinggal pilih paket travel insurance yang paling sesuai dengan keinginan kita. Ada 3 pilihan paket yang bisa kamu pilih: Worldwide Premier, Worldwide Executive, dan Asia. Apa sih bedanya? Nah, setelah saya cek satu-satu sebenarnya mirip-mirip sih ya. Bedanya yaitu cuma pada limit klaim benefit asuransinya dan tentu saja harga asuransinya ya.

Paket Asuransi Worldwide Premier
Contoh, kalau kita pilih paket Worldwide Premier, maka benefit untuk biaya medis/ berobat pada saat di luar negeri bisa mencapai limit maksimal 100.000 USD atau sekitar 1 Miliyar rupiah lebih! Wah besar banget kan benefitnya. Padahal untuk mendapatkan paket ini kita cukup membayar premi sekali saja, yaitu cuma 3,25 USD untuk satu orang per hari atau sekitar Rp. 40.000. Murah banget kan? Padahal ini paket asuransi yang premium loh~

Nah, buat kamu mahasiswa dengan budget pas-pasan ekonomis, jangan nangis dulu. Ada paket Asia, dengan biaya premi cuma 1,5 USD atau sekitar Rp. 20.000 saja untuk satu orang perhari. Sama kayak harga nasi goreng satu bungkus doang dong. Hihi. Tapi, beneran ekonomis banget kan? Eits, tapi jangan khawatir. Hanya karena harganya yang ekonomis, bukan berarti manfaat yang didapat sedikit. Benefit yang didapat nggak kalah besar kok. Dengan paket Asia, kita akan mendapatkan benefit untuk biaya medis/ berobat di luar negeri bisa mencapai limit maksimal 25.000 USD atau sekitar Rp 300 juta lebih! Wow...

Isi Biodata
Nah, setelah kamu sudah yakin mau pilih paket asuransi yang mana, masukkan deh biodata lengkap kamu.

Review Order

Lalu review total harga yang harus dibayar...

Pembayaran
Terakhir, pilih metode pembayaran sesuai keinginan kamu. Bisa dengan menggunakan credit card, online banking, eWallet, atau via ATM. Nanti juga akan ada email notifikasi dari Travellin untuk detail cara pembayarannya. Gampang kan?

Claim Asuransi Mudah dan Beragam Benefit Lainnya

Ngomong-ngomong ada lagi nggak sih manfaat lain dari asuransi Travellin ini, Jul?

Nih... Kalau kamu sudah cek web Travellin, pasti kamu tahu kalau benefit yang didapat dari asuransi perjalanan Travellin ini banyak banget. Koper kamu hilang? Penerbangan delay? Atau malah penerbangan dibatalkan? Semua kerugian itu bisa diklaim dengan asuransi Travellin loh. Asyik kan? Dan masih banyak lagi benefit yang bisa didapat dari asuransi Travellin ini.

Cara klaim asuransi Travellin
Susah nggak sih cara klaimnya, Jul?

Tuh di atas sudah saya kasih metode claim asuransinya ya. Gimana? Simpel kan? Tinggal masuk ke web https://travellin.co.id/ dan lakukan prosedur simpel seperti gambar di atas, beres deh.

Kalau ada yang mudah, kenapa harus cari yang susah kan?

Nah, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi deh. Mau berpetualang kemana saja, semua jadi aman dan masalah bisa beres dengan mudah. Mau menjelajah Thailand bareng saya? Yuk! Cukup hadapi resiko bahayanya dengan trik mudah 1-2-3 ala Travellin.

Salam,

Juli

Comments

  1. ekstrim banget kulinernya, pilihannya itu loh. Tapi, di sana gak susah kan ya, cari makanan halal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm... makanan halal ya... hmm... Wkwkk. Naini salah satu tantangan ketika ke Thailand. Pinter2 aja tanya ke penjualnya sih kalo ini. Mereka ramahw kok. :)

      Delete
  2. wahhh ini berguna sekali bagi yang suka jalan2, hah aman terus nih kalau pakai asuransi perjalanan :D

    ci rumah saya banyak kecoa, yok kita sate bareng2, haha

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Cocok aja sih Mbak. Tapi persiapannya pasti harus lebih matang lagi ya. :)

      Di travellin juga ada paket asuransi utk keluarga.

      Delete
  4. Ckck bru tau soal info asuransi perjalanan, slama ini jalan mah jalan aja haha. Kewl!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada asuransi perjalanan. Karena kan di setiap perjalanan selalu ada risiko. Semoga infonya membantu ya. :)

      Delete
  5. Wah boleh nih, berguna banget, great info bang!

    Noted deh xD makasih~

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Transportasi Saat Di Bangkok, Pilih Taksi Biasa atau Taksi Online?

Tuhan Maha Romantis, Menciptakan Jakarta Begitu Puitis

Paket Wisata Seru Ke Jepang Bersama Cheria Tour Travel, Biro Perjalanan Pilihan Hati