Dodol Betawi, Kembang Goyang, Bir Pletok, Camilan Khas Betawi Ini Bisa Kamu Temukan di Planet Bekasi



Semenjak mendapat julukan "planet" oleh para netizen beberapa waktu lalu, nama kota Bekasi semakin populer dan dikenal banyak orang. Beraneka-ragam meme kreatif yang dibuat oleh para netizen pun sukses menjadikan Bekasi sebagai bahan lawakan. Dengan cuacanya yang teramat panas, jalanannya yang gompal-gompal, sampai replika "Museum Louvre Paris" yang nongkrong di kawasan Summarecon Bekasi pun tak luput dijadikan meme oleh para netizen, sehingga julukan "planet di luar bumi" pun menempel pada kota Bekasi. Namun, jika dilihat dari sudut pandang positif, segala macam ejekan yang kerap tertuju kepada kota Bekasi sebenarnya memiliki efek promosi yang tidak main-main. Bekasi menjadi lebih dikenal, dan orang-orang mulai penasaran ada apa sih dengan kota yang terletak di dekat ibukota ini.

Mengingat lokasinya yang begitu strategis, Bekasi sebenarnya sangat mungkin menjelma menjadi tempat pariwisata yang patut diperhitungkan jika saja pengelolaannya dilakukan secara maksimal, khususnya dalam hal akses transportasi. Begitu banyak objek wisata tersembunyi di Bekasi yang belum mendapat perhatian dan promosi yang cukup baik, sehingga tidak banyak yang tahu. Sebut saja Air Terjun Cantik di Bantargebang, Wisata Sejarah Gedung Juang, Pantai Muara Gembong, dan masih banyak lagi. Bahkan, aliran sungai kalimalang yang panjang itu bisa saja disulap layaknya Venice di Italia atau Sungai Chao Phraya di Thailand, yang mana para warga atau pelancong bisa menikmati wisata menyusuri sungai dengan menggunakan speedboat atau perahu. Haha.

Oleh-oleh Khas Bekasi

Baiklah, kembali ke judul artikel ini... Jadi, seringkali ketika teman-teman saya ingin mudik ke kampung halamannya dan ingin membawa oleh-oleh dari Bekasi, mereka kemudian bingung. Tidak heran, karena saya sendiri yang notabene tinggal di Bekasi sejak lahir pun, masih suka bingung kalau ditanya, "Apa sih oleh-oleh khas Bekasi?"

Pada dasarnya, Bekasi termasuk ke dalam Provinsi Jawa Barat yang notabene merupakan provinsi dengan budaya Sunda. Namun berbeda dengan kota-kota lain di Jawa Barat, Bekasi mengalami perkembangan (dan pertukaran) budaya yang cukup signifikan, mengingat Bekasi menjadi habitat banyak sekali pendatang dari luar Bekasi. Selain itu, letaknya yang cukup dekat dengan Jakarta pun tak pelak mempengaruhi corak budaya Bekasi. Proses pertukaran budaya itu kemudian membuat Bekasi memiliki banyak warna, namun di sisi lain bagi saya pribadi menjadi agak sulit ketika harus menjelaskan apa yang menjadi ciri khas pada kota industri ini. Bekasi bisa disebut Sunda, tetapi tidak salah juga jika memberinya julukan Betawi.

Tidak jauh berbeda ketika kita harus mencari oleh-oleh khas Bekasi. Bingung dan cukup sulit. Akhirnya dari Google, saya pun menemukan satu toko yang menjual aneka camilan khas Betawi, atau boleh dibilang khas Bekasi. Nama toko itu "Warung Mpok Nini". Di website-nya, kita bisa melihat jajanan apa saja yang dijual di sana. Ada dodol betawi, akar kelapa, kembang goyang, bir pletok, dan masih banyak lagi. Semua jajanan itu diberi kemasan yang sangat bagus dan harganya pun sangat kantong-friendly. Hihi. Kisaran harganya cuma 10ribu-an lho! Wow, saya cukup terkejut. Senang juga akhirnya bisa menemukan jajanan yang (sudah) cukup jarang ditemui ini. Biasanya jajanan-jajanan tersebut hanya bisa ditemukan pada saat lebaran saja.



Lokasi Warung Mpok Nini terhitung cukup sulit ditemukan karena memang letaknya di dalam perumahan (bukan di pinggir jalan). Tetapi dengan bermodalkan Waze, akhirnya saya bisa sampai juga ke lokasi. Huft. Lokasinya berada di sekitar area Kayuringin, Bekasi Selatan. Dari Mal Metropolitan, hanya menempuh 5-10 menit perjalanan dengan sepeda motor. Atau kalau nggak mau ribet, bisa juga pesan menggunakan paket pengiriman kilat atau GOJEK. Kontak yang bisa dihubungi bisa dilihat di website.

Kisah Warung Mpok Nini

Sesampainya di lokasi, saya segera disambut oleh seorang ibu yang tidak lain dan tidak bukan adalah Mpok Nini itu sendiri. Wah. Dia tersenyum dan segera membawa saya dan teman saya ke warungnya. Ukuran Warung Mpok Nini cukup mungil dan berada di rumah keluarga Mpok Nini sendiri. Camilan-camilan yang dijual dipajang di etalase, persis seperti yang ditampilkan di website. Tak menunggu lama, saya dan teman saya segera mencomot semua jajanan yang ada di etalase. Hihi.


Mpok Nini sempat bercerita bahwa usaha kecilnya ini telah dirintisnya sejak tahun 2010. Kalau tidak salah, awalnya ini merupakan tugas akhir putranya yang kemudian terus dikembangkan hingga menjadi usaha yang cukup menjanjikan. Dengan gaya bicaranya yang polos, Mpok Nini juga menjelaskan bahwa semua camilan yang dijual ia buat sendiri dan tanpa bahan pengawet. Makanya, batas kadaluarsa makanan yang dijualnya relatif tidak lama. Tapi soal rasa, jangan ditanya. Enaaaaaaak. Kue akar kelapa yang biasanya keras sekali, di warung Mpok Nini ini sangat renyah. Bir Pletok-nya juga mantap! Rasa rempah-rempahnya menghangatkan tenggorokan.

Cukup lama ngobrol kesana-kemari dengan Mpok Nini, akhirnya kami pamit dengan membawa satu dus camilan Warung Mpok Nini. Nggak sampai di situ, Mpok Nini pun memberikan kami bonus kue akar kelapa satu toples! Wow. Terima kasih Mpok Nini. Semoga usahanya senantiasa berjalan lancar dan makin banyak pembelinya. Amin.

Saya pun pulang ke rumah dengan perasaan senang dan kenyang. Sementara teman saya pun telah siap mudik ke kampung halamannya dengan membawa oleh-oleh khas Bekasi di tangan.

Salam.

Comments

  1. Nah akar kelapa sama kue gabus, itu demenan gue dah. Asli bekasi bangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akar kelapa Mpok Nini renyah banget. Biasanya kan keras tuh ya kalo salah adonan. Udah gitu bikinnya empot-empotan pan pake tenaganya buat genjot adonan. Wkwk.

      Delete
  2. Mpok Nini, dan anaknya pintar. Membuka bisnis yang nicje yang unik. Kan tidak banyak toko yang menjual kue kue atau makanan khas Betawi atau Bekasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, betul banget. Di Bekasi masih jaraaaaaang banget yang jual jajanan khas model begini. Peluang bisnisnya masih luas banget ya.

      Delete
  3. bekasi emang manteeebbb bir pletok kan susah banget tuh carinya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, bir pletok-nya segerrr... Sok atuh dicoba. #bantupromosi

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Transportasi Saat Di Bangkok, Pilih Taksi Biasa atau Taksi Online?

Tuhan Maha Romantis, Menciptakan Jakarta Begitu Puitis

Paket Wisata Seru Ke Jepang Bersama Cheria Tour Travel, Biro Perjalanan Pilihan Hati